Amankan giat masyarakat gema takbir, Polres Batu gelar apel kesiapan pengamanan

Kota Batu – Sore ini Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin memimpin pelaksanaan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir dan Perayaan Idul Fitri 1445 H bertempat di Balaikota Among Tani Kota Batu, Selasa (9/4/2024).

Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir dan Perayaan Idul Fitri 1445 H ini dihadiri oleh PJ Walikota Batu Drs. Aries Agung Paewai, Wakapolres Batu beserta PJU, Dandim 0818 Malang Batu Letkol Inf Yuda Sancoyo, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Pabung 0818 Malang Batu  Mayor Arh M. Ridwan , Danramil se Kota Batu, Perwakilan OPD Kota Batu dan Kab. Malang, dan  Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan tokoh Masyarakat Kota Batu.

Dalam sambutannya Kapolres Batu menyampaikan bahwa Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir ini merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel maupun sarana prasarana. dengan demikian, diharapkan pengamanan malam takbir dan perayaan idul fitri 1445 H di wilayah jawa timur khususnya di kota batu dapat terselenggara secara optimal dengan harapan situasi kamtibmas selama perayaan idul fitri 1445 H dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Salah satu kegiatan yang perlu kita antisipasi bersama adalah takbir keliling yang dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan kamtibmas, seperti bentrok antar warga, penggunaan petasan serta menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

“Oleh karena itu perlu dilakukan upaya preemtif dan preventif dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hal – hal yang dapat terjadi saat kegiatan takbir keliling, sehingga kita perlu menghimbau masyarakat untuk melaksanakan kegiatan takbiran di Masjid, Musholla dan tempat ibadah lainnya,” terang Kapolres

“Selain itu beberapa hal yang yang menjadi atensi dalam kegiatan pengamanan ini antara lain lakukan deteksi dini dan aksi, tingkatkan kewaspadaan kedepankan preemtif serta  preventif sebelum penindakan, tingkatkan kegiatan turjawali di wilayah rawan kriminal dan laka lantas, Giat pengamanan ini adalah operasi kemanusiaan maka kedepankan sisi humanis serta berikan himbauan untuk meminimalisir takbir keliling dan laksanakan takbir di wilayah Masjid/musholla saja.”

“Perlu saya ingatkan , bahwa keberhasilan pengamanan ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita laksanakan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Saya yakin, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik, maka masyarakat dapat melaksanakan rangkaian perayaan idul fitri dengan khidmat dan penuh suka cita,” tutup Kapolres Batu.

Setelah apel selesai dilanjutkan dengan pengecekan beberapa Pos Pengamanan Lebaran yang ada di wilayah Kota Batu

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *