Polisi RW Polres Batu terima curhatan masyarakat melalui giat sambang kamtibmas

Kota Batu – Dalam rangka menjaga Harkamtibmas dan memberikan rasa aman kepada semua lapisan masyarakat serta melaksanakan tugas dari Pimpinan , program Polisi RW Polres Batu Polda Jatim terus dilaksanakan. Seperti saat ini petugas melaksanakan kegiatan sambang serta melaksanakan pengamanan rangkaian HUT Kota Batu berupa Wayang yang digelar di Pasar Batu Kota Batu. Kamis (2/11/23).

AKP Daguk dan Aipda Dedy berkunjung kepada tokoh masyarakat untuk menggali ada atau tidaknya permasalahan warga yang dapat muncul sebagai gangguan kamtibmas yang kali ini diadakan dialog terkait Penanganan Sampah serta melaksanakan edukasi Menjadi Komposter, Biopori, dan Eco Enzyme Biar Menjadi Berkurang dan Masyarakat Tau dan Mengerti Dikarenakan Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) yang sekarang sedang ditutup.

Setelah diresmikan oleh Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T., Polisi RW Polres Batu langsung mengimplementasikan petunjuk dan arahan Kapolres Batu dengan lebih aktif membantu Bhabinkamtibmas dalam menjaga Harkamtibmas di tingkat Desa agar lebih optimal dalam melaksanakan kegiatan sambang desa untuk bertatap muka dan dialogis dengan Ketua RW setempat serta berinteraksi dengan perangkat desa dan warga.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. menjelaskan bahwa Polisi RW merupakan sebuah program Kepolisian yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

“Dalam bekerja nantinya Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Adapun peran Polisi RW ini akan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa utamanya terkait informasi Kamtibmas di wilayah,” terang Kapolres Batu.

“Tugasnya adalah bagaimana dapat mewujudkan RW yang sejuk dan aman dengan security assesment, Polisi akan lakukan itu dengan ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya,” tambah Kapolres Batu.

Polisi RW tersebut memang disiapkan untuk menjaga dan mengkondusifkan keamanan di lingkungan masyarakat yang terkecil dari sejumlah konflik sosial. Hal ini dilakukan demi menunjang warga dalam beraktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman tanpa merasa khawatir.

“Dengan dibentuknya Polisi RW ini diharapkan bisa melaksanakan penyelesaian terhadap segala permasalahan yang ada dengan cepat dan bisa mencegah terbentuknya potensi kejahatan di lingkungan masyarakat,’ tutup Kapolres Batu.

Sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, lanjut Kapolres Batu sudah sepantasnya kita mengantisiapasi lebih awal untuk meminimalisir situasi dan kondisi yang membuat warganya merasa tidak aman dan bahkan menjadi korban gangguan kamtibmas.

“Itu sebabnya, anggota di jajaran Batu ini kita turunkan sampai di wilayah RW, kita perintahkan untuk memberikan solusi apabila memang ada masalah di masyarakat apabila situasi kondusif maka sampaikan himbauan tentang Kamtibmas sebagai upaya cegah dini,” tutup AKBP Oskar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *