Tanpa judul

Tim medis dari Urkes Polres Batu memberikan pelatihan kepada anggota Polres Batu dan ASN tentang Basic Life Support atau bantuan hidup dasar untuk mengembalikan fungsi pernafasan seseorang yang mengalami henti nafas atau henti jantung, Senin  (30/10/2023).

Kegiatan pelatihan ini dalam Rangka persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 Polres Batu dengan narasumber Dr. Sotya , Kasi Dokkes Iptu Hery , Paramedis Briptu Fernando dari Tim Keslap Urkes Polres Batu.

Pelatihan Basic Life Support ini merupakan pelatihan dasar yang harus dimiliki oleh setiap anggota Polres Batu agar mampu melakukan Resuitasi Jantung dan Paru (RJP).

“Personel yang hadir khususnya Petugas yang terlibat dalam Operasi Mantab Brata 2023 harus mampu mengimplementasikan pelatihan ini jika menemui situasi gawat darurat atau membutuhkan penanganan yang cepat sebelum bantuan medis tiba di lokasi,” ujar Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsudin.

Sementara itu Dr. Sotya  sebagai Pemateri mengatakan, jika ditemukan korban dengan penilaian dini terdapat gangguan pernapasan, tidak ditemukan adanya nafas dan atau tidak ada nadi, maka petugas harus melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD).

“Bantuan Hidup Dasar adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung,” terangnya.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *