Bhabinkamibmas Desa Sumberejo Batu mengikuti rapat, pasca penutupan TPA Tlekung

Polres Batu – Dalam rangka Harkamtibmas dan memberikan rasa aman kepada semua lapisan masyarakat, pada hari Rabu (30/2/23) , dengan dipimpin oleh Kapolsek Batu  Polres Batu Polda Jatim Iptu Mawang , Bhabinkamtibmas Desa Suberejo Aipda Iven melaksanakan Rapat Koordinasi bersama perangkat desa serta Masyarakat membahas tentang langkah antisipasi  dan apa yang akan dilakukan dengan ditutupnya TPA Tlekung Junrejo Kota Batu.

Melalui kegiatan ini diharapkan muncul persamaan persepsi di masyarakat Desa Sumberejo sehingga tidak timbul gejolak apabila sampah di masyarakat tidak terkirim ke TPA Tlekung.  

Telah diberitakan sebelumnya bahwa mulai Kemarin 30 Agustus 2023, pemerintah Kota melalui Dinas Lingkungan Hidup telah menutup TPA Tlekung karena menumpuknya sampah dan harus diolah dulu yang dikhawatirkan bisa berakivat fatal apabila diteruskan menerima sampah dari masyarakat.

Hal tersebut diumumkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Aris Setiawan SSTP didepan masyarakat Tlekung dan media.

“Berdasarkan koordinasi dengan pimpinan kami dengan seluruh pimpinan SKPD, kades, lurah, camat, pelaku usaha, pengelola obyek wisata,1 PKL serta kades dan warga Tlekung, kita berkomitmen bersama mulai 30 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB akan diberlakukan pembatasan operasional TPA Tlekung, tidak ada lagi pengurangan.

Mulai saat ini tidak ada sampah yang masuk ke TPA Tlekung, karena akan dikelola oleh masing-masing desa dan kelurahan, pelaku usaha dan wisata,” ujar Aris membacakan komitmen bersama yang ditandatangani semua kalangan ini.

Dalam Pertemuan tersebut Kades Sumberejo Bpk. Riyanto menyampaikan bahwa dirinya dan warga sepakat sementara langkah antisipasi jangka pendek satu-satunya yaitu dengan memanfaatkan TPS3R yang ada di tiap-tiap desa dan kelurahan.

β€œDengan terpaksa kita harus memanfaatkan pengolahan sampah yang ada di Desa dengan maksimal guna menjaga kebersihan di lingkungan kita dengan ditutupnya TPA Tlekung,” Ujarnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Sumberejo mengatakan bagaimanapun keputusan telah diambil oleh pemerintah dan kita harus mematuhinya.

β€œ Saya himbau masyarakat untuk tidak Resah, mari kita bersama sama merumuskan langkah yang tepat dalam mengatasi sampah di tempat kita, TPS3R merupakan salah satu cara efektif saat ini guna mengatasi hal tersebut,” tutup Aipda Ivan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *